Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Denpasar Kelas I A

Jalan P.B. Sudirman No.1 Denpasar, Bali, Indonesia
Telp / Fax. 0361-224327 | Email. pn.denpasar@gmail.com

berakhlak bangga melayani bangsa

  •   Saturday, 21 December 2024

Pelatihan Petugas PTSP: Pelayanan Bagi Penyandang Disabiltas


Rabu, 21 Agustus 2024. Seluruh petugas PTSP beserta para Hakim Pengawas PTSP, Sekretaris selaku Pejabat Pengelola PTSP, para Panmud dan Kasubag sebagai Penanggung Jawab PTSP, dan para satpam mengikuti pelatihan tersebut yang diadakan di Ruang Sidang Cakra mulai sekira pk. 16:06 wita.

Materi pelatihan yang berupa pemaparan/penjelasan dan peragaan serta praktek dari beberapa orang peserta tersebut diberikan oleh para instruktur dari SLB Negeri 1 Denpasar. Tidak lupa juga berupa tips dan trik melaksanakan pelayanan bagi penyandang disabilitas agar sebisa mungkin tidak sampai terjadi kesalahpahaman antara petugas PTSP/Satpam sebagai pemberi layanan dengan mereka sebagai penerima layanan.

Wakil Ketua menyampaikan bahwa pelatihan kepada para petugas PTSP ini merupakan agenda rutin tahunan PN Denpasar agar pengetahuan dan kemampuan para petugas PTSP yang merupakan garda terdepan pelayanan untuk melayani penerima layanan golongan disabilitas terutama disabilitas netra dan rungu senantiasa dapat terbarukan/update. Terlebih sekarang ini PN Denpasar sudah memiliki Buku Saku yang memuat pedoman pelayanan bagi penyandang disabilitas sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 1692/DJU/SK/PS.00/12/2020 tanggal 22 Desember 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Pelayanan bagi Penyandang Disabilitas di Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri.

Diawali dengan pemberian materi tentang pelayanan disabilitas netra dilanjutkan dengan praktek/peragaan langsung oleh beberapa peserta kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pelayanan bagi disabilitas rungu dengan metode yang sama.

Di akhir acara yang berakhir sekira pk. 18:02 wita tersebut, Sekretaris menyampaikan bahwa pelatihan tersebut benar-benar bermanfaat bagi para petugas PTSP sehingga nantinya tetap dan selalu dapat melayani penerima layanan terutama dari golongan disabilitas dengan Transparan profesionAl Komitmen efektif-efiSien akUntabel, Taksu! dengan tidak melupakan semangat ASN BerAKHLAK dan BanggaMelayaniBangsa.

Salam Sehat, Salam Dilan, Taksu!


Kembali
Skip to content